Belajar otomotif yang mudah dan murah

Tanpa Peredam Getaran

 

 

 

 

 

Dengan Peredam Getaran

 

 

 

 

Fungsi Peredam Getaran:

Adalah untuk meredam getaran karoseri dan aksel, sehingga jalannya kendaraan dapat memberikan kenyamanan pada penumpang. Energi gerak dari bagian yang bergetar dirubah melalui gerakan menjadi panas.

Prinsip Kerja Peredam Getaran

Pada saat terjadi pemegasan, peredam getaran menerima beban tekan dan tarik.

 

Langkah Tekan

Oli berpindah melalui luban besar tahanan oli yang berpindah kecil

 

 

 

 

 

Langkah tarik

Oli berpindah melalui lubang kecil tahanan oli yang berpindah besar

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan:

Peredam getaran pada langkah tarik lebih kuat daripada langkah tekan.

Peredam getaran jenis Dua Pipa (Twin – Tubs Type Shock Absorber)

 

 

 

 

 

 

 

 

Sifat – sifat:

  • Pemindahan panas kurang baik
  • Dapat timbul gelombang udara (kavirasi)
  • Murah

 

Penggunaan:

Pada kebanyakan mobil sedan dan truk.

Peredam Getaran Jenis Satu Pipa / tekanan gas (Mono Tube Type Shock Absorber)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sifat – sifat:

  • Pemindahan panas baik
  • Tidak timbul kavitasi (gelembung udara)
  • Volume oli besar pada ruang kerja
  • Tekanan gas merapat = 120 bar

 

Penggunaan:

Mobil – mobil penumpang (taxi)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: