Belajar otomotif yang mudah dan murah

Stabilisator berfungsi untuk mengurangi efek rolling bodi kendaraan dan memperbaiki sifat jalan belok kendaraan.

Cara kerja

Pada saat salah satu roda terpegas (misal: pada saat kendaraan belok), maka bagian melintang stabilisator menerima beban puntir karena gaya pada kedua sisi memanjang berlawanan arah.

Karena salah satu sisi stabilisator berhubungan langsung dengan bodi, maka gaya Fa menarik bodi ke bawah gaya Fb mengangkat bodi ke atas, sehingga kecenderungan “Rolling” berkurang.

Konstruksi Pemasangan StabiliSator

Aksel Depan

Lengan melintntang diikat pada body dan kedua ujung lengan memanjang diikat pada suspensi

Aksel Belakang                        

Lengan melintang diikat pada body kedua ujung lengan memanjang diikat pada suspensi

 

 

 

 

 

 

ALAT BAHAN
–        Set Kotak Alat-        Set Kunci Sok 

–        Dongkrak

–        Suspensi pada aksel /            mobil-        Bak plastik 

–        Vet silikan

–        Lap kain

KESELAMATAN KERJA

Jangan melepas stabilisator, bila suspensi belum bebas.

  1. Tanda
  2. Batang stabilisator
  3. Bantalan karet
  4. Klem
  5. Baut penahan
  6. Busing

Langkah kerja

Pembongkaran

  • Angkat mobil dan beri penyangga pada rangka / bodi
  • Lepas baut penahan batang stabilisator pada lengan bawah suspensi
  • Keluarkan bantalan karet dan ring penahan
  • Beri tanda pada batang stabilisator, agar tidak terbalik
  • Lepas klem batang stabilisator
  • Keluarkan batang stabilisator dan bantalan karet

Pemeriksaan

Batang Stabilisator

  • Keausan pada bagian ujungnya, aus yang berlebihan, ganti!
  • Keretakan dan kebengkokan batang stabilisator

Bantalan karet dan baut penahan

  • Bantalan karet yang retak, aus, sobek, ganti!
  • Baut penahan bengkok dan ulirnya rusak, ganti!

Petunjuk pemasangan

  • Beri sedikit vet silikan pada busing bantalan karet
  • Kembalikan tanda batang stabilisator seperti semula
  • Batang stabilisator harus tegak lurus dengan baut penahan pada lengan bawah suspensi.
  • Lakukan langkah pemasangan sesuai urutan kebalikan pembongkaran

  1. Batang stabilisator
  2. Baut penahan
  3. Lengan suspensi atau rangka

Jangan memanaskan batang stabilisator

Petunjuk Pemasangan Baru

Aksel Rigid

  • Mobil terangkat: pasang stabilisator pada aksel
  • Pasang baut penahan pada rangka, baut penahan harus lurus ke bawah (± siku dengan stabilisator)

        1. Bantalan karet
        2. Klem
        3. Batang Stabilisator
        4. Plat Penahan
        5. Penggerak Aksel
        6. Rangka/Bodi

Suspensi Independen

  • Mobil terangkat: Pasang stabilisator pada rangka dahulu dan pasang baut penahan pada lengan suspensi bawah seperti untuk aksel rigid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: