Belajar otomotif yang mudah dan murah

Sifat – sifat secara umum:

  • Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda lain
  • Konstruksi agak rumit
  • Membutuhkan sedikit tempat
  • Jarak roda dan geometri roda berubah saat pemegasan
  • Titik berat kendaraan dapat rendah (nyaman dan aman)
  • Pegas dapat dikonstruksi lembut (pegas tidak membantu mengantar gerakan roda)
  • Perawatan lebih sulit

Penggunaan

  • Aksel depan dan belakang (kendaraan penumpang / sedan)
  • Aksel depan saja (kendaraan menengah dan berat)

1. Suspensi Mac. Pherson

  • Dengan lengan melintang dan batang penahan

Lengan melintang         :  Mengantar gerakan roda (arah melintang) saat

pemegasan

Batang penahan             :   Menahan gaya memanjang (rem, penggerak dsb)

– Aksel depan dengan / tanpa penggerak roda

  • Dengan lengan Melintang dan Memanjang

Lengan memanjang : Mengantar gerakan roda / mengatasi gaya melintang dan memanjang

– Aksel belakang tanpa penggerak roda

  • Dengan Lengan “L”

Lengan “L” mengantar gerakan roda (menahan gaya memanjang / melintang).  Aksel depan dengan / tanpa penggerak roda.

  • Mac. Pherson Sistem “Honda” (Suspensi Lengan Melintang)

Suspensi ini tergolong “Suspensi Wish Bone” atau lengan melintang yang dikembangkan dari suspensi Mac. Pherson oleh Honda. Aksel depan dengan penggerak roda.

2. Suspensi Wish Bone (Lengan Melintang Dobel)

Dengan Pegas   Koil

Aksel depan tanpa penggerak roda

Dengan Pegas Batang torsi, Dengan Pegas Daun

 

Pada suspensi Wishbone, lengan atas dibuat lebih pendek daripada lengan bawah, supaya saat pemegasan :

  • Jarak roda tidak berubah (keausan ban berkurang)
  • Tumpuan roda saat pemegasan (belok) baik

3. Suspensi Independen Dengan Aksel Lengan Torsi

Pada saat salah satu roda berpegas (juga pada saat belok), maka lengan torsi menerima beban puntir sehingga berfungsi seperti stabilisator. Penggunaan: Aksel belakang tanpa penggerak roda

3. Suspensi Independen Lengan Memanjang

Lengan memanjang mengantar gerakan roda dan menahan gaya memanjang / melintang.

Penggunaan: Aksel belakang tanpa penggerak roda

Lengan miring    : Untuk menahan gaya melintang & memanjang

Penggunaan      : Aksel belakang dengan penggerak roda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: